Rabu, 17 April 2013 - 10:29:41 WIB



RANGKASBITUNG, BP  - Bagi pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (Cabu dan Cawabup) yang akan maju pada Pemilukada Lebak 2013 dari jalur independen atau perseorangan, minimal harus mendapat dukungan kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan kependudukan lainnya sebanyak 31.518.

Jumlah tersebut adalah tiga persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lebak yakni sebanyak 1.050.591 jiwa. Hal ini dikatakan Ketua KPU Kabupaten Lebak, Agus Sutisna di ruang kerjanya
kepada BANTEN POS, Selasa (16/4).

“Persyaratan  tersebut harus tersebar minimal di 15 kecamatan
yang ada di Kabupaten Lebak. Itu merupakan amanat UU Nomor: 32/2004 tentang Pemerintah Daerah. Dukungan KTP juga harus 50 persen lebih dari jumlah kecamatan,” kata Agus.

Lanjut Agus, KPU harus sudah menerima berkas dukungan
KTP tersebut  antara 16 hingga 22 Mei 2013. Setelah itu KPU akan
melakukan pemeriksaan atau verifikasi terhadap dokumen yang sudah diterima. “Selanjutnya anggota kami di desa, yakni PPS akan melakukan
verifikasi KTP yang mendukung salah satu pasangan Cabup atau Cawabup dari 24 Mei hingga 5 Juni 2013. Jika ditemukan ada dukungan rangkap atau lebih dari satu pasangan, akan kami coret,” terangnya.

Setelah diverifikasi di tingkat PPS, lanjut Agus, KTP atau surat keterangan kependudukan lainnya akan direkap oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 6 sampai 7 Juni. Setelah itu digelar pleno untuk menentukan lolos atau tidaknya persyaratan dukungan calon perseorangan itu pada 10 atau 11 Juni.

“Kemudian 12 hingga 18 Juni, KPU akan membuka pendaftaran pasangan Cabup dan Cawabup, baik yang diusung oleh Parpol, gabungan Parpol maupun jalur independen. Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan 19 Juni hingga 13 Juli. Sementara pada 14 Juli akan ditetapkan pasangan Cabup dan Cawabup yang akan bertarung pada 31 Agustus 2013,” pungkasnya.(K-2/RIS/MOR)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
Designed by: www.BantenWebsiteMurah.com Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net