banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Kali Angke Bakal Diperlebar

Senin, 22 April 2013 - 11:35:02 WIB



TANGERANG,BP - Rencana proyek penuraban Kali Angke untuk mengatasi banjir di Kota Tangerang, sejauh ini masih dalam proses pembebasan lahan. Untuk itu, warga diminta mendukung proyek tersebut dengan cara tidak mempersulit pembebasan lahannya.

"Kami harap warga yang lahannya terkena proyek pelebaran sungai bisa koorperatif," kata Wakil Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau banjir di Perumahan Pinang Griya, Kecamatan Pinang,  Sabtu(20/04) sore.

Arief mengatakan, Pemkot  Tangerang terus mendorong Pemerintah Pusat untuk segera mempercepat proses proyek pengerjaan turap Kali Angke. Dengan dilebarkannya Kali Angke, setidaknya bisa mengurangi luapan air yang menimbulkan banjir.

Arief menginfornmasikan lahan yang dibebaskan untuk membuat turab Kali Angke adalah seluas 10 hektar yang membentang dari Kelurahan Petir, Kecamatan Pinang hingga Puri Kartika, Kecamatan Ciledug. Tim PU Kota Tangerang juga telah turun ke lapangan untuk pemetaan dan sosialisasi proyek penuraban dan pelebaran Kali Angke.

"Kami telah menemui Kementerian Pekerjaan Umum untuk mempercepat proyek itu," ujarnya.

Disinggung soal banjir yang kembali melanda, Arief mengatakan sebagai kiriman dari hulu sungai di kawasan Bogor. Ditambah sejak dua hari belakangan curah hujan di Bogor cukup tinggi, sehingga mengakibatkan naiknya debit air sungai-sungai yang mengalir ke Kota Tangerang.

“Debit air Kali Angke cukup tinggi hingga melebihi tanggul. Akibatnya air meluap ke perumahan warga. Seperti di Perumahan Pinang Griya, Ciledug Indah 1 dan 2, Pondok Bahar, DDN dan Puri Kartika. Ketinggian air mencapai 60 Cm," katanya.

Sebagai langkah antisipasi, kata dia, Pemkot Tangerang sudah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pemadam Kebakaran untuk siaga jika banjir kiriman kembali melanda. Dinas PU juga telah menghidupkan mesin-mesin pompa air sebanyak lima unit di Permahan Pinang Griya dan empat unit di Perumahan Ciledug Indah.

“Kami juga telah menyiapkan dua unit pompa berjalan. Damkar melalui tim rescuenya telah menyaiapkan 12 perahu karet untuk mengevakuasi warga," ujarnya.(K-14/ODI)




BACA JUGA:


pasang-iklan-banten-pos-news


KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
pasang-iklan-banten-pos-news
poling banten pos news
Vote!
pasang-iklan-banten-pos-news
pasang-iklan-banten-pos-news