banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Tiga ABG Pelaku Curanmor Dibekuk

Selasa, 23 April 2013 - 11:49:15 WIB



CILEGON, BP - Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah hukum Polres Cilegon ternyata tidak hanya didominasi orang dewasa. Pasalnya, tiga dari sembilan pelaku curanmor yang ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cilegon masih anak-anak.

Modus yang dilakukan komplotan yang dikenal dengan kelompok Panimbang dan Cilegon tergolong klasik, yakni dengan merusak kunci kendaraan saat pemiliknya lengah. “Tiga orang yang masih berusia dibawah umur itu yakni DA (16), DD (14) dan AR (15). Ketiganya akan diperlakukan secara khusus. Mereka juga proses hukumnya akan didahulukan karena ada batasan masa tahanan untuk anak anak" ujar Kapolres Cilegon AKBP Defrian Donimando dalam eksposenya, Senin (22/4).

Menurut Defrian, terhitung sejak awal tahun hingga pertengahan April 2013 ini, pihaknya sudah meringkus sebanyak 30 pelaku curanmor yang diciduk dari berbagai lokasi di Banten Selatan dan di Kota Cilegon sendiri. "Hingga saat ini kita sudah mengamankan barang bukti lebih dari 50 kendaraan bermotor," terang Defrian.

Dari tangan para tersangka, petugas mengamankan 13 unit kendaraan roda dua dari berbagai merek, senjata tajam, STNK, plat nomor dan korek pistol mainan.

Salah satu pelaku, DD menerangkan dirinya dikendalikan DKN, pelaku lain yang saat ini telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam menjalankan aksinya. "Saya hanya menerima Rp 200 ribu dari hasil penjualan motor" kata DD.

Uang hasil dari lima kali aksi curanmor yang telah dilakukannya, DD mengaku  digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Tak berbeda jauh DD, pelaku lainnya AR yang merupakan residivis kambuhan mengaku terpaksa melakukan kembali aksi pencurian berulang kali karena tidak memiliki ijazah untuk melamar pekerjaan. "Waktu tahun 2010 saya pernah di penjara, setelah keluar saya terpaksa metik (mencuri motor,red) lagi," jelasnya.

Akibat perbuatannya, kesembilan tersangka dikenakan pasal 363 dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (NED/ZAL/IGO)




BACA JUGA:

pasang-iklan-banten-pos-news


KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
pasang-iklan-banten-pos-news
poling banten pos news
Vote!