Rabu, 01 Mei 2013 - 13:35:01 WIB



TIGARAKSA, BP - Pemerintah Kabupaten Tangerang menerima penghargaan dari Kementrian dan Informatika Republik Indonesia atas prestasi sebagai Kabupaten/Kota Digital. Penghargaan sebagai Achievement kategori Overall/Society Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2013 diterima Kabupaten Tangerang di Casablanka Mall Jakarta Selatan, Senin (29/4).

Penghargaan IDSA 2013 diserahkan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika,  Tifatul Sambiring kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang dinilai berhasil mengembangkan internet.

Founder & CEO MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya mengakui, perkembangan internet dalam 3-5 tahun butuh effort lebih menyeluruh dari stakeholder dunia ICT, terutama sektor publik dan swasta, untuk mencapai 100 juta pengguna internet atau 40 persen penetrasi.

“Untuk memonitor perkembangan digitalisasi kota dan kabupaten, Markplus Insight melakukan survei melalui IDSA. Survei tahunan diendorse Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam upaya peningkatan daya saing kota dan kabupaten dalam era globalisasi, komunikasi dan informasi,” katanya.

Kriteria penilaian IDSA didasarkan pada empat aspek, yaitu Initiave, leadership, unserhip, dan benefit dan dilakukan pada lima pihak, diantaranya pemerintah daerah, lembaga pendidikan, lembaga pelayanan kesehatan, UKM swasta dan masyarakat umum.

Kategori Overall Society dinilai berdasarkan pengisian angket potret digitalisasi pemerintah daerah dan survei Computer Aided Telephone Interview (CATI) terhadap lembaga pendidikan, pelayanan kesehatan, UKM swasta dan masyarakat di 99 Daerah Tingkat II dengan melibatkan 17.500 responden.

Penghargaan  IDSA 2013 diberikan kepada enam Kota/Kabupaten untuk masing-masing kategori. Berdasarkan riset IDSA 2013 Februari-Maret 2013, enam kota yang bersaing  memenangkan penghargaan IDSA 2013 kategori goverment diantaranya Cimahi, Yogyakarta, Malang, Kota Solo, Kota Surabaya dan Sragen.

Penghargaan Certifikat of Acknowledgement diberikan tehadap 28 Kota/Kabupaten yang menunjukan performance terbaik dalam kategori Overall Society, yaitu Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lampung Timur,  Kota Utara, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bandung, Kota Pare-Pare,  Kabupaten Agam, Kota Jakarta Barat.

Kemudian Kabupaten Banyumas, Kota Bandung, Kabupaten Agam, Kota Pinang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Bandar Lampung, Kabupaten Banyuwangi, Kota Surakarta, Kota Asmbon, Kota Banjarmasin, Kabupaten Bantul, Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi, Kota Batam, Kota Lhokseumawe, Kota Kupang.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tangerang, Didin Samsudin mengatakan, penghargaan sebagai pengakuan bila Kabupaten Tangerang telah memajukan masyarakatnya dalam pembangunan digital, salah satunya pengadaan  barang dan jasa secara elektronik atau e-proc.

Kepala Subag Produksi BPTI Setda Kabupaten Tangerang, Bambang Ismail mengakui, sebelumnya IDSA telah mengirim angket potret digitalisasi berisikan penilaian perencanaan ICT, upaya perwujudan rencana ICT, tingkat penetrasi jaringan internet, jaringan mobile dan pengguna internet serta manfaat menggunakan internet.

“Hasilnya ternyata Pemkab Tangerang dinyatakan sebagai kabupaten digitalisasi. Ini prestasi bagi Kabupaten Tangerang dalam bidang digitalisasi,” kata Bambang. (ODI)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
Designed by: www.BantenWebsiteMurah.com Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net