Rabu, 15 Mei 2013 - 11:31:10 WIB



SERANG, BP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang memprediksi jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang mencapai 2.532 unit. Prediksi tersebut didapat dari pemutakhiran data pemilih dan jumlah Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Serang yang diterima KPU dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang berjumlah 1.705.993 jiwa.

Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih pada KPU Kabupaten Serang, Irfi Aziz mengatakan, prediksi jumlah TPS tersebut baru perhitungan sementara dari jumlah DP4 yang masih berbentuk data pemilih berbasis per desa. Sedangkan jumlah TPS sebenarnya haruslah berdasarkan data pemilih berbasis TPS.

“Ini baru berdasarkan data berbasis pemilih per desa, seharusnya berbasis data pemilih TPS atau per kampung. Jadi jumlah TPS bisa saja bertambah ataupun berkurang,” ujarnya, Selasa (14/5).

Irfi menjelaskan, untuk menentukan jumlah TPS secara pasti maka diperlukan jumlah pasti pemilih per kampungnya dimana nantinya satu kampung akan ditempatkan satu TPS dengan kapasitas maksimal pemilih per TPS-nya yakni 500 pemilih. Oleh karenanya terhitung hari ini (15/5) pihaknya akan menerjunkan seluruh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di lapangan ke domisili para pemilih.

“Pantarlih nanti akan mengkroscek langsung data dari DP4, apa benar orang yang ada di DP4 berhak untuk menjadi pemilih. Jika semua telah tercoklit maka Pantarlih akan memetakan pemilih dengan komposisi 500 pemilih per TPS-nya. Coklit sendiri akan dilakukan pada 15 Mei hingga 9 Juni mendatang,” terangnya.

Lebih lanjut Irfi menjelaskan, untuk mengantisipasi adanya pemilih yang tidak terdata di DP4 namun pemilih tersebut layak menjadi pemilih di Pemilu 2014 mendatang, pihaknya telah membekali setiap Pantarlih dengan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2011 lalu yang mencapai 1.122.112 pemilih.

“Di DPT Pilgub kemarin terdapat data pemilih Kabupaten Serang yang pastinya juga menjadi pemilih di Pemilu 2014. Tidak lucu kan jika di Pilgub terdaftar sebagai pemilih tapi di Pemilu Legislatif tidak,” ungkapnya.

Irfi menambahkan, bagi para pemilih dari Kabupaten Serang yang berprofesi sebagai TKI masih bisa berpartisipasi dalam Pemilu Legislatif namun hak pilihnya akan dimasukan ke pemilih di DKI Jakarta Daerah Pemilihan (Dapil) 2.(DWA/RIF)

 




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
Designed by: www.BantenWebsiteMurah.com Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net