Sabtu, 01 Juni 2013 - 12:19:57 WIB



CILEGON, BP - Ratusan guru madrasah pantas bersuka cita. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon akan segera mencairkan honor daerah (honda) bagi guru sekolah agama awal bulan Juni ini. Pernyataan tersebut terlontar dari Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi dalam diskusi bersama warga Kecamatan Ciwandan usai melaksanakan program Jumat Bersi (Jumsi), Jumat (31/5).

Pernyataan Iman itu berawal dari pertanyaan Ketua Forom Komunikasi Guru Madrasa Diniyah dan Takwilyah Kecamatan Ciwandan,  Laihatul Jannah. Ia menyampaikan keluhan guru madrasah yang selama ini menunggu kapan cairnya uang Honda sebesar Rp300rb perbulan. Pasalnya sudah berbulan-bulan uang tersebut tidak cair. ”Guru-guru sudah menunggu kapan cairnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Iman memastikan awal bulan Juni Honda akan segera cair. Sementara terkait sering dirapelnya pencairan tersebut, hal itu disebabkan banyak faktor salah satunya yakni pendapatan daerah. Ia menjelaskan, dari hasil pendapatan tersebut dialokasikan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Salah satunya adalah honor untuk guru madrasah. ”Yang terpenting kan ketika cair uangnya tidak kurang sepeser pun dan tidak disunat,” kata Iman.

Sayuti, salah seorang guru Madrasah menyambut baik jika benar awal Juni Honda cair. Pasalnya, sebagai guru madrasah, Sayuti merasa kurang diperhatikan karena honor yang diterimanya sangat minim. Sayuti mengaku, jika dihitung secara matematika, honor guru madrasah masih belum layak tiap bulannya. Per jam mata pelajaran, guru dibayar kurang dari Rp5000.”Tiap hari belum tentu full mendapatkan jam pelajaran,” kata Sayuti.

Sayuti berharap, ada realisasi perbaikan honor guru. Selama ini pendapatan Sayuti sebagai guru madrasah hanya sekitar Rp200 ribu dan tidak sebanding dengan kebutuhan hidup sehari-hari. “Harapnnya sih bisa cairnya tiap bulan. kemarin terakhir cair itu sekitat bulan Januari lalu,” kata Sayuti.(K15/ZAL/IGO)

 




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
Designed by: www.BantenWebsiteMurah.com Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net