banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Kab Tangerang, BLSM Terbanyak

Senin, 24 Juni 2013 - 11:43:55 WIB



SERANG, BP – Penerima BLSM atau Bantuan Langsung Sementara Masyarakat terbanyak di Provinsi Banten terdapat di Kabupaten Tangerang, yakni sebanyak 147.090 rumah tangga sasaran (RTS).  Penerima BLSM juga adalah penerima beras untuk rakyat miskin atau raskin.

Kepala Dinas Sosial Pemprov Banten Nandy Mulya, Minggu (23/6), mengatakan, RTS penerima BLSM itu sebelumnya akan diberikan KPS atau kartu Pengendali Sosial sebagai tanda bukti RTS bersangkutan adalah penerima BLSM.

“KPS  ini rencananya akan dikirim oleh pemerintah pusat  pada akhir bulan Juni ke daerah” kata Nandi.
Secara keseluruhan, penerima BLSM di Banten adalah sebanyak 426. 178 RTS, sesuai dengan jumlah penerima program raskin yang sudah berjalan lama sebelum ini. Setelah Kabupaten Tangerang, penerima terbanyak berikutnya berada di Kabupaten Lebak 118. 036 RTS, Pandeglang 108.960 RTS, Kabupaten Serang 59.363 RTS, Kota Tangerang 47.394 RTS, Kota Serang 17.121 RTS, Kota Tangerang Selatan 16.677 RTS, dan Kota Cilegon 11.537 RTS.
Masih menurut Nandy, penerima BLSM ini juga berhak atas beasiswa sebagai salah satu program kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi saat ini.
"Asal mereka punya KPS, bantuan beasiswa pun bisa dicairkan,” ujarnya.
    Nandy menjelaskan, bahwa data penerima BLSM diambil dari data penerima raskin hasil pendataan PPLS 2012 oleh BPS.
“Data tersebut kemudian menjadi data terpadu yang diterbitkan tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K). Dari data tersebut PT Pos Indonesia mencetak KPS yang memang nanti pembagian KPS itu akan dilakukan oleh Kantor Pos,” paparnya.
  Terkait beasiswa yang juga akan diterima oleh anak-anak dari RTS penerima BLSM, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Banten Hudaya Latuconsina mengaku belum mengetahui secara rinci teknis penyaluran beasiswa tersebut. “Kami belum dapat penjelasan apapun, karena memang baru akan dirapatkan. Untuk data-datanya, baru akan diketahui dari hasil rakor,” katanya.

Untuk diketahui, sebagai kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi kali ini, pemerintah memberikan BLSM. Masyarakat miskin penerima BLSM akan menerima uang tunai sebesar Rp150 ribu perbulan, selama 4 bulan ke depan. (RUS/IDM)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus