Senin, 22 Juli 2013 - 11:53:22 WIB



SERANG, BP - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang, Akhmad Benbela mengatakan, tahun ini Kota Serang mendapatkan jatah penerimaan CPNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Namun terkait jumlahnya sampai saat ini masih belum diketahui. Kepastian Kota Serang mendapatkan jatah kuota CPNS berdasarkan pengumuman dan informasi pada situs resmi KemenPAN RB.


“Kalau dilihat dalam situs KemenPAN RB, Kota Serang berada di nomor urut 81 dari 226 pemerintah daerah se-Indonesia yang mendapatkan kuota. Kami akan segera berkoordinasi dengan Pemprov Banten dan KemenPAN RB untuk mengetahui kepastiannya secara resmi," kata Benbela, Minggu (21/7).


Diakui Benbela, selain ada pada pengumuman situs resmi, ia juga mendapat telepon dari pegawai KemenPAN RB. Ia diminta buka situs resmi KemenPAN RB, ternyata ada. Selain Kota Serang, dalam situs tersebut kota lain di Banten yang mendapatkan kuota yakni Kota Tangerang Selatan dan Kota Cilegon.


Benbela mengungkapkan, sejak penerimaan CPNS terakhir kalinya pada 2011 lalu, Kota Serang masih membutuhkan sekitar 2.500 pegawai. Hanya saja jumlah itu sudah berkurang dengan adanya pengangkatan tenaga honorer Kategori 1 sebanyak 61 orang. Sedangkan pegawai pindahan dari daerah lain jumlahnya setara dengan pegawai yang pensiun.

“Kebutuhan pegawai di Kota Serang masih sekitar 2.000 orang,” ujar Benbela.
Menurut Benbela, pegawai yang paling dibutuhkan di Kota Serang adalah tenaga guru dan kesehatan, trutama dokter spesialis.

“Apalagi Kota Serang ingin membuat rumah sakit daerah sendiri, sehingga dokter spesialis tentu dibutuhkan. Tenaga fungsional umum di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah-red) juga dibutuhkan, karena saat ini hampir semua SKPD kekurangan,” ucapnya.


Dikatakan Benbela, apabila sudah ada kepastian secara resmi Kota Serang mendapatkan kuota, Pemkot Serang sudah menyiapkan anggarannya. Anggaran yang disiapkan tidak berdasarkan kuota, tapi jumlah pelamarnya. Anggaran yang disiapkan tahun ini untuk menerima sekitar 5.000 pelamar. Pasalnya, berdasarkan pengalaman penerimaan CPNS tahun 2011, jumlah pelamar di Kota Serang sekitar 4.000-5.000 orang.


“Kita belum tahu mekanismenya seperti apa, apakah menggunakan lembar kunci jawaban dengan TKD (Tes Kompetensi Dasar-red) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang-red). Atau menggunakan CAT (Computer Assisted Test-red),” tuturnya.


Ditegaskan Benbela, apabila menggunakan CAT, BKD hanya sebagai fasilitator. Sedangkan penyelenggara tesnya yakni Inspektorat. Namun, Kota Serang sendiri sudah berpengalaman dalam penggunaan CAT. Selain itu, apabila menggunakan CAT, akan lebih mengefisiensi anggaran.


“Mayoritas daerah Indonesia Timur menolak apabila rekruitmen CPNS menggunakan metode tersebut, karena sebagian besar warganya tak bisa menggunakan computer,” kata Benbela.(APP/RIF)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
Designed by: www.BantenWebsiteMurah.com Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net