banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Pengamanan Mudik Dipusatkan di Merak

Rabu, 24 Juli 2013 - 10:48:03 WIB



MERAK, BP - Kepolisian Daerah (Polda) Banten terus melakukan persiapan untuk pengamanan mudik lebaran 2013. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 2.360 personil disiapkan. Sementara Pelabuhan Merak dan kawasan wisata menjadi prioritas pengamanan.  Hal itu dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik.


Hal ini disampaikan Kapolda Banten, Brigjen Pol Eddy Sumantri saat melakukan buka puasa bersama dengan 100 anak yatim yang digelar di Halaman Direktorat Polair Polda Banten, Kota Cilegon, Senin (22/7).

"Dalam rangka pengamanan dan keamanan arus mudik lebaran, Polda Banten menerjunkan 2.360 pesonil di seluruh wilayah hukum Polda Banten. Pengamanan juga melibatkan TNI dan Pemerintah Daerah,” ungkap Brigjen Eddy.


Kapolda juga menjelaskan, skala prioritas untuk pengamanan hari lebaran nanti akan difokuskan di sejumlah kawasan diantaranya prioritas pengamanan di Pelabuhan terpadat Pelabuhan Merak dan tempat obyek pariwisata di Daerah Banten.

“Pelabuhan merak menjadi arus penyeberangan terpadat yang dilalui pemudik nanti saat jelang lebaran. Untuk itu Polda Banten akan lebih memperketat pengamanan. Selain itu, pada hari Lebaran, hingga H+3, tempat wisata anyer, carita dan sekitarnya menjadikan kawasan wisata ini sebagai prioritas kami untuk pengamanan di wilayah hukum Polda Banten,” ungkapnya.

ia juga memaparkan, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait telah melakukan koordinasi dengan membuat beberapa terobosan dalam rangka mewujudkan kelancaran arus mudik mendatang.
"Ada beberapa hal yang telah kami koordinasikan dalam rencana pencapaian kelancaran arus mudik di Pelabuhan merak, pertama kapal sudah harus siap melayani pemudik di lima dermaga. Kedua bila ada kendala cuaca, dengan adanya MOU antara Polda dan Pelindo, bongkar muat dapat dipercepat dengan bantuan tugboat. Ketiga berkoordinasi dengan PT KAI, kantong lahan parkir untuk menampung 300 kendaraan roda empat telah dikoordinasikan juga. Keempat, beberapa penumpang pejalan kaki dapat melewati jalur tambahan agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Dan kelima dermaga IV dan V akan diperuntukan khusus kendaraan bermotor,” paparnya.


Terkait Arus Kendaraan yang yang membludak saat puncak arus mudik, Kapolda menghimbau agar seluruh pengendara baik roda empat dan roda dua untuk memilih waktu yang tepat untuk menyeberang guna mengurangi kecelakaan lalu lintas. “Saya menghimbau agar pengendara dapat berjalan saat jam 8 pagi hingga sore hari, sehingga tidak tejadi antrean kendaraan di Pelabuhan. Karena saat puncaknya dalam sehari dapat mencapai 131 ribu kendaraan, itu dapat membayakan pemudik,” jelasnya.

Sementara itu, Dir Polair Polda Banten, Kombes Pol Imam Thobroni mengatakan untuk menyiagakan Arus mudik Lebaran, Pihaknya menyiapkan 18 kapal patroli dalam mengamankan Perairan di Wilayah Polda Banten. “Untuk mengantisipasi kemanan arus mudik, 18 kapal patroli kami siagakan, diantaranya dua kapal dari Mabes Polri juga akan membantu pengamanan di Perairan Wilayah Banten. Kapal kami siagakan mulai H-7 hingga H+7,” ujarnya.


Imam menjelaskan, pihaknya akan menerjunkan 120 personil yang tersebar diseluruh wulayah perairan Banten untuk mengantisipasi arus mudik dan Hari Lebaran. “Personil kami akan disiagakan sebyak 120 personil yang tersebar dari pelabuhan di Karangantu hingga Perairan di Pantai Bayah, fokus kami juga nanti, akan menyiagakan kapal patroli untuk daerah-daerah anyer, carita dan daerah-daerah tertentu yang dipenuhi wisatawan saat lebaran,” jelasnya.


Imam menjelaskan selain melakukan patroli pengamanan di perairan, pihaknya juga akan melakukan patroli dengan pantauan udara. “Selain kapal patroli, satu helikopter akan disiapkan disini untuk melakukan pantauan arus mudik lewat udara,” katanya.


Sementara itu, Kapolres Cilegon, AKBP Defrian Donimando, mengungkapkan guna mengkonsentrasikan pengamanan di Pelabuhan Merak, pihaknya akan menerjunkan 590 personil tersebar di wilayah Kota Cilegon. “Merak menjadi salah satu sentra pelabuhan terpadat saat mudik nanti, maka dari itu, kami di wilayah Polres Cilegon akan menerjunkan kekuatan full sebanyak 590 personil di back up 250 personil dari Polda Banten,” ujarnya.

Disamping itu, Kapolres Cilegon juga mengungkapkan bahwa personil akan dikerahkan pada titik-titik yang menjadi titik rawan arus mudik terutama di Wilayah Merak. Sebagai pelayan masyarakat, pihaknya berjanji akan menjadikan Polsek-Polsek di yang ada di Kota Cilegon yang dilalui pemudik untuk dijadikan tempat peristirahatan bagi pemudik yang melepas keletihan.

“Kami akan konsentrasikan peronil di 5 titik rawan di Cilegon, 3 di Kota dan 2 lagi didirikan pos di dalam tol. Polsek-polsek yang dilalui pemudik juga dapat digunakan untuk tempat beristirahat, hal ini kami lakukan untuk membantu pemudik yang melepas lelah, mereka dapat beristirahat sejenak sebelum menyeberang ke Pulau Sumatera,” tandasnya. (NAL/ZAL/IGO)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
poling banten pos news
Vote!