Rabu, 24 Juli 2013 - 12:53:01 WIB



Warga memeriksa namanya pada daftar pemilih sementara yang disosialisasikan KPU di kantor-kantor kelurahan, desa dan RW RT se- Kabupaten Tangerang. Saat ini, DPS Pemilu 2014 dalam masa menunggu tanggapan masyarakat.

TIGARAKSA, BP - Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau DP4 untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 di Kabupaten Tangerang naik cukup drastis jika mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang periode 2013-2018 sebanyak1951387 jiwa. Jumlah dalam DPS yang ada pada data KPU Kabupaten Tangerang kini menjadi 2087758 jiwa.

“Penambahan karena adanya peningkatan jumlah penduduk, seiring berkembangnya perumahan di Kabupaten Tangerang. Disamping banyak pendatang yang masuk, seperti di Kecamatan Sepatan dan Pasar Kemis,” kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ahmad Jamaludin, Senin (22/7).

Lanjut Ahmad, data DPS Pileg ini hasil rekap pada tanggal 15 juli dari 29 kecamatan dan 274 desa atau kelurahan. Dari data tersebut juga sudah bisa digambarkan kebutuhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 5667.

“DPS yang sudah ditetapkan 10 Juli kemarin diumumkan sejak tanggal 11 Juli besok. Daftarnya sudah kami sebar ke seluruh kantor desa dan kelurahan serta RT dan RW di masing-masing wilayah,” ungkap Ahmad.

Ahmad mengungkapkan, langkah yang ditempuh KPU tersebut bertujuan sebagai uji publik untuk meminta masukan dan tanggapan masyarakat. Sebab tidak menutup kemungkinan masih terdapat kesalahan, seperti data pemilih ganda atau meninggal namun masih tercantum.

“Bisa juga bagi warga yang belum terdaftar bisa melapor ke PPS untuk didaftarkan guna mendapatkan hak pilih dalam pemilihan nanti,”kata Ahmad.

Pengarah Pokja Pemilih PIleg 2014 KPU Kab Tangerang, Muhammad Ali Zainal Abidin menambahkan, pihaknya masih menunggu tanggapan dari masyarakat sampai 1 Agustus nanti. Dari situ akan ditetapkan DPS Hasil Perbaikan (DPS HP) pada 16 Agustus.

“Pada 17-23 Agustus DPS HP awal akan disusun menjadi DPS HP akhir. Inilah yang menjadi cikal bakal DPT untuk Pileg 2014 nanti,” terangnya.

Namun kata Ali, DPT baru akan ditetapkan mulai 7 hingga 13 September, sedangkan pelaksanaan Pileg 9 April 2014. Menurutnya, penetapan DPT untuk mempersiapkan kebutuhan logistik Pileg.

“Untuk itu kami minta masyarakat segera periksakan data dirinya apakah sudah tercantum atau belum di DPS,” imbaunya.

KPU Kabupaten Tangerang, kata Ali juga juga bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan terkait pendataan pelajar yang sudah cukup umur untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2014 nanti. Data tersebut untuk segera diproses menjadi DPT.

“Jangan sampai DPT selesai baru ramai bicara DPS. Kami juga melibatkan partai untuk mencermati DPS, softcopynya juga sudah kami sampaikan ke Parpol untuk memberi masukan,” paparnya.

Ali menegaskan, pihaknya tetap akan melakukan validasi DPS agar masyarakat yang memiliki hak pilih masuk DPT. Bahkan untuk Rutan Jambe, sudah terdata 850 orang yang memiliki hak pilih. “Nantinya di Rutan Jambe akan ada dua TPS,” jelasnya.(DIT/ODI/BNN)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus