banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Remisi, 216 Napi Langsung Bebas

Kamis, 25 Juli 2013 - 12:12:53 WIB



SERANG, BP - Dari 4.337 narapidana (Napi) beragama Islam yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banten, sebanyak 3.115 mendapat potongan masa penahanan atau remisi khusus pada hari raya Idul Fitri 1434 Hijriyah. Sedangkan untuk remisi 17 Agustus 2013, sebanyak 3.355 dan 168 diantaranya langsung bebas dari total Napi sebanyak 5.253.
"Data ini tertanggal 23 Juli, jadi masih ada kemungkinan penambahan jumlah Napi yang dapat remisi khusus Idul Fitri dan 17 Agustus, karena masih ada yang menunggu putusan hakim dan inkrah," kata Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum dan HAM Banten, I Nyoman Putra Surya, ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (24/7).
Nyoman mengungkapkan, khusus untuk Idul Fitri, dari jumlah Napi yang mendapat remisi itu sebanyak 216 Napi diantaranya bisa langsung bebas pada hari Lebaran tersebut. Sisanya masih harus menjalani sisa hukuman.

"Napi yang mendapat remisi dapat potongan masa penahanan 15 hari sampai 2 bulan," ujarnya, seraya menambahkan acara pemberian remisi kepada para Napi secara simbolis diadakan di Lapas Klas 1 Tangerang.
Ditanya apakah Napi kasus korupsi juga mendapat remisi, Nyoman menyatakan, pemberian remisi Napi kasus korupsi merupakan keputusan pusat.

"Napi kasus korupsi di Banten ada 53 orang, tapi keputusan pemberian remisinya langsung dari menteri. Kita tetap ajukan, tapi pusat yang menentukan, termasuk napi yang dihukum 5 tahun ke atas," ungkapnya.
Nyoman juga menyebutkan bahwa pemberian remisi kepada para Napi dilakukan selektif. Hanya Napi yang memenuhi kriteria yang mendapat remisi.

"Kriterianya, sudah mendapat putusan tetap dari hakim, sudah  menjalani pidana hukuman selama 6 bulan, dan berkelakuan baik," tegasnya.(NED/RIF)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
poling banten pos news
Vote!