banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Jumlah TPS Belum Ditetapkan

Jumat, 16 Agustus 2013 - 11:37:32 WIB



CILEGON, BP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mengakui hingga saat ini belum dapat menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilihan umum legislatif 2014 nanti. Hal itu disebebkan, menunggu penetapan penetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasail Perbaikan  (DPS HP) dari pusat.

"Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) itu ditetapkan setelah DPS HP tuntas secara keseluruhan dan diumumkan secara resmi oleh KPU pusat," ujarKetua KPU Cilegon, Fatullah di kantornya, Kamis (15/8).


Menurutnya, jika penetapan jumlah TPS sebelum penetapan DPS HP dipastikan akan mengubah sistem penetapan jumlah pemilih pada masing-masing TPS. Pada pesta demokrasi sebelumnya, kata Fatullah, seperti Pilkada Kota Cilegon 2010 lalu, jumlah pemilih di setiap TPS paling banyak 400 orang, sementara sekarang diperkirakan hanya 300 orang.

“Jika ditetapkan per TPS mengakomodasi 400 orang, KPU Kota Cilegon tidak sertamerta mematuhi ketentuan tersebut. Karena jumlah pemilih di beberapa perkampungan, seperti di Kecamatan Cibeber ada TPS yangt tidak mencapai 400 orang. Kami tidak akan memaksakan satu TPS harus mengakomodasi 400 orang pemilih, karena itu dapat memberatkan pemilih,” jelasnya.

Ia juga mengkhawatirkan, jika peraturan satu TPS harus 400 pemilih, banyak pemilih tidak menggunakan hak pilihnya jika TPS yang direkomendasikan h=jauh dari tempat tinggalnya.
"Kami akan mengeluarkan kebijakan terkait permasalahan itu. Kami akan menetapkan lokasi TPS berdekatan dengan rumah pemilih, dengan harapan pemilih menggunakan hak suaranya," ungkapnya.

Lembaga penyelenggara pemilu tersebut juga belum dapat memprediksikan jumlah pemilih pada pemilu legislatif 2014 mendatang. Jumlah pemilih dapat dipastikan setelah memasuki tahapan jumlah pemilih tetap yang akan diumumkan Desember 2013 mendatang.
"Kami belum dapat memprediksikan apakah jumlah pemilih naik atau mengalami penurunan dibanding Pilkada Kota Cilegon tahun 2010 lalu," ujarnya..

Fatullah menjelaskan KPU Cilegon pada Pemilu 2014 mendatang juga akan menyediakan TPS khusus untuk warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Cilegon jika sudah berpenghuni. Selain itu, KPU juga akan menyiapkan TPS berjalan yang melayani pemilih yang sedang dirawat di rumah sakit.


"Kami akan memperhatikan permasalahan itu agar tidak ada seorang pun warga yang kehilangan hak pilihnya pada Pilkada," ujarnya.

Sementara itu Rohmani, salah satu anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Karangasem mempertanyakan apakah penambahan TPS dilakukan jika pemilih membengkak melebihi dari kuota yang ditetapkan.

Menanggapi hal itu Fatullah menyatakan bisa dimungkinkan ditambah TPS di wilayah terdekat dengan berbagai macam pertimbangan, seperti untuk mempermudah pemilih menyalurkan aspirasi politiknya. “Bisa saja ada penambahan TPS sepanjang hal itu untuk kelancaran pemilu saya pikir tak ada salahnya,” tandasnya. (BAR/ZAL/IGO)




BACA JUGA:

pasang-iklan-banten-pos-news


KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
pasang-iklan-banten-pos-news
poling banten pos news
Vote!