Jumat, 30 Agustus 2013 - 14:50:42 WIB



SERANG, BP - Komisi Pemilihan Umum menetapkan 26  calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Banten sebagai daftar calon tetap (DCT). Dengan kata lain, semua nama calon DPD yang diserahkan KPU Banten sebelumnya, sah menjadi caleg DPD asal Banten.

"Seluruh balon DPD yang kami serahkan, semuanya masuk dalam DCT," kata Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan DPRD dan DPD pada KPU Provinsi Banten, Kamis (29/8).

Meski begitu,lanjutnya, ke-26 nama tersebut masih bisa dicoret oleh KPU jika calon kemudian diketahui melakukan  pemalsuan dokumen atau menggunakan dokumen palsu. “Tentu saja karena itu ranah hukum, jadi harus ada keputusan hukumnya dulu, baru oleh KPU dicoret,” imbuhnya.

Lebih jauh, Syaeful menambahkan, KPU membuka ruang penyelesaian sengketa sampai dengan 14 November. Penyelesaian sengketa diawali melalui forum musyawarah dan mufakat di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

"Jika calon anggota DPD yang merasa kepentingannya dirugikan, tidak dapat menerima putusan Bawaslu dapat mengajukan gugatan ke PTUN (Pengadilan  Tata Usaha Negara)," terangnya.

Ke-26 calon DPD asal Banten adalah Muhsin, Abdurachman, Ahmad Rusdi Arief, Ojat Sukardjat, Lucky Kaking, Gideon Hutagalung, Gondo Radityo, Togu P. Tobing, Sadeli Karim, Iwan Kurniawan, Gousta Feriza, Ahmad Imron, dan Akhmad Haris. Lalu ada Hikmatul Aliyah, Moh. Jembar, Hasan Nuryadi, Muktar Imi, Irsjad Djuwaeli, Ahmad Subadri, Rosyid Khaerudin, Andriansyah, Andiara Aprilia Hikmat, Habib Ali Al Husaini, Hanif Sobari, Iyus Priatna, dan M Nurdin.

Seperti dikutip dari website KPU RI www.kpu.go.id, KPU melalui rapat pleno menetapkan DCT DPD RI    di 33 Provinsi sebanyak 945 orang yang terdiri dari 826 orang laki-laki dan 119 orang perempuan.Provinsi Sulawesi Tenggara menempatkan DCT DPD dengan jumlah terbanyak yakni 63 orang, dan Daerah Istimewa Yogyakarta menempatkan DCT DPD dengan jumlah paling sedikit hanya 13 orang.

Daerah dengan prosentase DCT perempuan terbanyak adalah Provinsi Sumatera Selatan yakni 25 persen, dan paling sedikit di Provinsi Maluku Utara sebanyak 3 persen. Total prosentase perempuan untuk DCT DPD RI sebanyak 13 persen. Para calon anggota DPD ini akan berkompetisi untuk memperebutkan empat kursi di setiap provinsi masing-masing dengan harus meraih suara terbanyak.

 (RUS/IDM) 




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus