banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

Pemkot Tekan MoU dengan BPK

Selasa, 03 September 2013 - 10:43:53 WIB



CILEGON, BP - Guna mendukung keterbukaan informasi dan membangun reformasi birokrasi, Pemerintah Kota Cilegon menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Banten, Senin (2/9) di ruang rapat Walikota Cilegon.

Dalam nota kesepahaman itu, BPK membangun sistem jaringan berbasis teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan yang dimiliki oleh Kota Cilegon. Sehingga pengawasan keuangan daerah lebih terpantau.

Walikota Cilegon, TB Iman Ariyadi mengatakan, langkah membangun pengawasan dengan sistem e-Audit oleh BPK dipastikan pula akan berdampak pada kinerja pemkot terhadap pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara. "Dengan begitu kerja BPK dapat efektif dan efisien. Hari ini Pemkot dituntut untuk melakukan transparansi dan akuntabel perihal keuangan dan menyiapkan seluruh data yang dibutuhkan BPK," jelas Iman.


Muara dari peningkatan kerjasama dengan BPK ini, diharapkan Iman, akan berdampak pula pada peningkatan opini yang dapat diraih Pemkot Cilegon dari BPK. "Memang bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), butuh komitmen dan keseriusan dari seluruh SKPD dan semua untuk dapat disiplin dan tertib administrasi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Banten I Nyoman Wara mengatakan, dengan penandatangan MoU tersebut, pihakyna lebih muda huntuk memantau keuangan Pemkot Cilegon, sehingga tingkat kebocoran dapat dicegah. "Dengan sistem elektronik audit ini kita dengan mudah akan mendapatkan data keuangan Pemkot, dan diolah dipusat data milik BPK. Jadi kalau terjadi perbedaan dan selisih (keuangan) dapat segera diteliti," ujar Nyoman.
Diketahui, pada dua tahun anggaran terkahir, Pemkot Cilegon mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK dengan sejumlah catatan. (NAL/ZAL/IGO)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
poling banten pos news
Vote!