banten pos news
pasang-iklan-banten-pos-news

APBD-P Kota Serang Bertambah Rp130,33 M
APBD-P Kota Serang Bertambah Rp130,33 M

Selasa, 17 September 2013 - 10:50:53 WIB



SERANG, BP - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013 Kota Serang bertambah sebesar Rp130,33 miliar atau 17 persen. Pada APBD Murni tahun ini, besaran APBD Rp739,44 miliar, dan pada APBDP bertambah menjadi Rp869.773 miliar. Penambahan ini akan dialokasikan untuk program yang menjadi skala prioritas, terutama infrastruktur dan pelayanan.

Walikota Serang, Tb Haerul Jaman mengatakan, peningkatan APBD Perubahan tersebut berasal dari pajak daerah sebesar Rp 6,1 miliar, dana perimbangan Rp22,79 miliar dan pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp 101,4 miliar. Sedangkan untuk belanja secara keseluruhan sebesar Rp 932,63 miliar.

“Belanja pegawai Rp492 miliar termasuk tunjangan sertifikasi guru. Sedangkan 40 persen dari anggaran masih untuk insfrastruktur. Kita juga mendapat bantuan keuangan untuk Porprov,” kata Jaman usai sidang paripurna persetujuan bersama Raperda tentang Perubahan APBD Kota Serang 2013, di gedung DPRD, Senin (16/9).

Dikatakan Jaman, prioritas pembangunan dialokasikan untuk optimalisasi sarana prasarana bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan perumahan, jalan, jembatan, administrasi pelayanan perkantoran, dan peningkatan sumberdaya manusia. Selain itu, akan dialokasikan juga untuk sanitasi dan persampahan, peningkatan kapasitas kelembagaan dewan dan penyusunan dokumen pembangunan.

Menurut Jaman, mengingat waktu yang semakin mendesak, program yang akan dilaksanakan melalui APBDP didahulukan yang skalanya masih kecil. Sedangkan untuk program pembangunan yang membutuhkan anggaran yang besar, akan diusulkan melalui APBD Murni tahun mendatang.

“Kalau anggarannya besar takut tidak terserap,” ucap Jaman.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kota Serang, Adang Darmawan mengungkapkan, alokasi belanja yang paling besar di RAPBDP adalah untuk pembayaran tunjangan sertifikasi guru dari pusat sebesar Rp91,8 miliar.

“TPP PNS juga kami usulkan ada kenaikan,” ungkapnya.

Adang menambahkan, Pemkot juga telah menganggarkan tambahan biaya untuk Pilkada sebesar Rp 3,5 miliar yang terbagi untuk KPU Kota Serang sebesar Rp3,2 miliar dan untuk Panwaslu sebesar Rp280 juta.(APP/RIF)

 




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus
poling banten pos news
Vote!