Kamis, 28 Maret 2013 - 11:51:58 WIB



SERANG, BP - Setelah mendaftar ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), bakal calon (Balon) Walikota Serang, Wahyudin Djahidi mendaftar ke Partai Amanat Nasional (PAN), Rabu (27/3). Wahyudin mendatangi kantor DPD PAN Kota Serang sekitar pukul 10:41 WIB diantar sejumlah pendukungnya. Wahyudin yakin dirinya mendapat dukungan dari PAN.

Usai mendaftar, Wahyudin mengatakan, PAN merupakan partai yang memiliki komitmen untuk melakukan perubahan di Kota Serang. Platform PAN, lanjutnya, mempunyai kesamaan dengan visi dan misi dirinya. Adanya kesamaan pandangan tersebut akan memudahkan jalan untuk koalisi. Karena untuk maju sebagai calon walikota minimal didukung tujuh kursi, Wahyudin serius mengajak PAN dalam koalisinya.

“Saya sudah mendapat rekomendasi dari Hanura, dan untuk PDIP masih dalam proses. Saya juga berharap mendapat dukungan dari PAN. Partai lain yang menyatakan siap mendukung yaitu PPD (Partai Persatuan Daerah) dan PIS (Partai Indonesia Sejahtera). Saya tidak mendaftar ke Demokrat karena saya kira untuk tujuh kursi sudah cukup,” kata Wahyudin.

Wahyudin mengungkapkan, selain menjajaki dukungan dari sejumlah partai, dirinya juga aktif bersilaturrahmi dengan warga. Menurutnya, kegiatan yang dilakukannya itu bukan ikut-ikutan atau latah menjelang Pilkada, tapi untuk mengetahui permasalahan yang ada pada masyarakat dan untuk menyerap aspirasi yang diharapkan masyarakat.

“Konsep perubahan saya sama seperti yang sering saya kemukakan, yakni reformasi birokrasi dan penataan kota. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penempatan birokrasi harus sesuai dengan aturan dan kemampuan pegawai. Saat ini penataan Kota Serang masih belum baik. Sedangkan untuk calon wakil yang akan mendampingi saya, masih dalam penggodogan dan evaluasi,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD PAN Kota Serang, Iif Fariudin menuturkan, penjaringan PAN bersifat terbuka. Pihaknya juga tidak memungut biaya bagi balon yang mendaftar kepada PAN. Menurutnya, biaya pendaftaran bukan tolak ukur sebuah keseriusan.

“Saya juga akan mendaftar, proses selanjutnya akan diserahkan kepada tim penjaringan, pengurus, DPW dan DPP. Tidak ada prioritas, kader internal dan eksternal mempunyai kesempatan yang sama,” tutur Iif.

Ia menambahkan, sampai saat ini PAN baru melakukan penjaringan, sehingga prosesnya belum kearah komitmen antara Balon yang akan diusung dan PAN. Untuk langkah selanjutnya, akan dibicarakan kembali dengan pengurus DPD.

“PAN akan terbuka, silahkan Balon bersaing secara sehat dan sesuai dengan mekanisme yang ada,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Balon Walikota DPD PAN Kota Serang, Jaenudin mengungkapkan, pengambilan formulir pendaftaran sudah dibuka sejak 25 sampai 30 Maret mendatang. Sedangkan pengembalian formulir pada 1-3 April. Untuk pengembalian formulir tidak boleh diwakilkan. Selain itu, Balon harus melampirkan konsep kepemimpinan secara tertulis, mencakup visi misi dan program kerja.

“Sampai saat ini yang sudah mengambil formulir ada empat nama, yaitu incumbent Tubagus Haerul Jaman, Yandri Susanto, Wahyudin Djahidi, dan Amanudin Toha. Untuk selanjutnya, nama-nama yang mendaftar akan dikaji, digodog oleh pengurus DPD. Selain itu akan dilakukan juga fit and proper test dan survei internal. Sekitar bulan April, nama yang akan diusung PAN akan kelihatan berdasarkan keputusan dari DPW dan DPP,” ungkap Jaenudin.(APP/RIF)




BACA JUGA:



KOMENTAR ANDA :
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi bantenposnews.com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Bantenposnews.com berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

comments powered by Disqus